Dikmas (8)
Kesetaraan (6)
PAUD (3)
Umum (6)
Vokasional (7)




Beranda » Vokasional » STRATEGY KENDALISADA

Selasa, 14 April 2015 - 11:31:22 WIB
STRATEGY KENDALISADA
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Vokasional - Dibaca: 1480 kali

Strategy Kendalisada "Ampuh Untuk Menjalin Kemitraan dalam Menyiapkan Lulusan Ke Dunia Usaha dan Industri"

adalah judul yang diangkat oleh "Rakhman Adhi Nurbani" sebagai Pengelola LKP VIIJEEMUSIC Purwokerto, dalam mengikuti Apresiasi PAUDNI Tahun 2015, tingkat Kabupaten Banyumas dan meraih prestasi sebagai Terbaik I.

Berikut Abstaksi Karya Ilmiah ybs.

 

STRATEGY KENDALISADA “AMPUH UNTUK MENJALIN KEMITRAAN” DALAM MENYIAPKAN LULUSAN KE DUNIA USAHA DAN INDUSTRI

 

Untuk mencetak siswa yang berkualitas dan menghasilkan lulusan yang siap terjun ke dunia kerja dan usaha, diperlukan langkah strategis oleh sebuah lembaga kursus, salah satu langkah itu adalah dengan membangun kemitraan dengan dunia usaha dan dunia industri. LKP.Viijeemusic salah satu lembaga kursus yang berada dikabupaten Banyumas yang bergerak dibidang pelatihan seni musik membuat langkah-langkah penting dalam menyiapkan lulusannya. Salah satu strategy yang digunakan adalah dengan strategy KENDALISADA nama ini adalah akronim dari Kompeten, handal, Sinergi Program, Mengerti Kebutuhan Dunia Usaha dan Kepercayaan.

Strategy KENDALISADA yang digunakan dalam membangun kemitraan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri untuk meningkatkan kesiapan lulusan LKP ke dunia kerja adalah dengan langkah / strategy berikut :

  1. Membangun siswa yang berkompeten

Untuk bisa menyiapkan siswa yang siap terjun ke dunia kerja, dipercaya oleh dunia kerja dan cepat bekerja siswa harus mempunyai kompetensi yang memadai salah satu aspek yang terpenting adalah dengan melakukan pembelajaran yang terstruktur dengan mengacu kepada kurikulum yang berbasis kompetensi, menguji di ahir pembelajaran dan memberikan bekal di ahir sesi pembelajaran.

  1. Melatih siswa agar mempunyai kehandalan untuk siap kerja

Untuk bisa bekerja dengan professional di dunia kerja maupun wirausaha, siswa juga harus dibekali dengan pelatihan tambahan untuk menjadikan siswa handal dan berkarakter, beberapa kegiatan seperti mengikuti kegiatan workshop ataupun on job training langsung dimitra kerja lembaga.

  1. Sinergi Program dengan mitra kerja

Mitra kerja merupakan partner lembaga yang membantu mudahnya proses pembelajaran siswa, sebagai tempat pemagangan maupun penyaluran lulusan.  Setiap mitra kerja mempunyai program sendiri-sendiri sesuai dengan kekhasan tempat usaha mereka, kegiatan mensinergikan program lembaga dengan mitra kerja merupakan kegiatan strategis yang terbangun untuk menjembatani kepentingan keduabelah pihak.

  1. Mengerti kebutuhan dunia usaha

Mitra kerja bisa berupa lembaga, tempat makan / restoran, perusahaan maupun dunia usaha, semuanya selalu mempunyai kebutuhan masing-masing khususnya dalam bidang sumber daya manusia, dengan mengerti kebutuhan mitra kerja / dunia usaha maka lembaga bisa menyiapkan calon terbaiknya yang sesuai dengan kebutuhan mitra kerjanya.

  1. Kepercayaan

Dalam membangun jejaring kerjasama dengan mitra juga harus diperkuat dengan dasar saling percaya dan saling menguntungkan kedua belah pihak, kesepakatan ini bisa dituangkan dalam bentuk Mou ataupun nota kesepahaman guna mencapai kesuksesan yang lebih besar diantara lembaga dan mitra kerja. Dengan membangun kepercayaan yang bagus terhadap mitra kerja diharapkan akan berimbas kepada tingginya kepercayaan yang diberikan mitra kerja kepada lembaga.

 

Hasil Yang Dicapai :

  1. Dalam membangun siswa yang berkompeten dihasilkan lulusan terbaik dibidangnya, hasil ujian bagus, penguasaan alat menjadi mahir.
  2. Dari adanya pelatihan, on job training sebagai penerapan strategy dalam meningkatkan kehandalan siswa menghasilkan siswa yang mempunyai bekal lebih sehingga mempunyai daya kreatifitas yang tinggi
  3. Penerapan sinergi program dengan mitra menghasilkan kegiatan yang dilaksanakan bersama seperti acara konser siswa, pemagangan siswa serta penandatanganan mou recruitment calon siswa
  4. Penerapan strategy dalam mengerti kebutuhan dunia usaha memberikan hasil kedua belah pihak diantaranya bagi dunia usaha mendapat SDM yang dibutuhkan, sedangkan lembaga terbantu dengan tersalurnya lulusan.

 

  1. Dengan meningkatkan Kepercayaan mitra mengajak lembaga untuk melakukan kerjasama dalam jangka waktu yang dapat berupa jalinan kerjasama, penandatanganan Mou maupun Nota Kesepahaman.

 

Dari pelaksanaan strategy KENDALISADA diharapkan akan terus dikembangkan beberapa inovasi baru tentunya dalam menghadapi tantangan zaman, terlebih dalam menyambut MEA dimana dituntut kreatifitas yang tinggi dalam menyiapkan lulusan agar cepat kerja sehingga bisa bersaing tidak hanya didalam negara tapi bisa ke mancanegara.

Strategy yang sudah diterapkan di LKP. Viijeemusic yang berbasis seni musik bisa diimplementasikan di lembaga yang lain tentunya untuk dapat memenuhi permintaan dunia kerja yang menuntut kompetensi, kehandalan dan keahlian yang sesuai dengan permintaan dunia usaha.

 

Jika ada yang membutuhkan Informasi lebih lanjut bisa hubungi :

 

LKP. VIIJEEMUSIC

Jl. Masjid Baitunnurahmah No.9 Prompong, Kutasari Kecamatan Baturraden 53151

CP :

Rakhman Adhi Nurbani

Telp. 085726157777

Email : viijeemusic@yahoo.co.id

 



0 Komentar :



November, 2017
MSSR KJS
   1234
567891011
12131415161718
1920212223 2425
2627282930  





783369

Pengunjung hari ini : 95
Total pengunjung : 243298

Hits hari ini : 133
Total Hits : 783369

Pengunjung Online: 1