Dikmas (8)
Kesetaraan (6)
PAUD (3)
Umum (6)
Vokasional (7)




Beranda » Umum » PETRUC METAL

Sabtu, 18 April 2015 - 07:50:43 WIB
PETRUC METAL
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Umum - Dibaca: 1132 kali

Priyo Aji Purwanto, Pamong Belajar  SKB Ajibarang keluar sebagai Terbaik I pada Apresiasi PAUDNI Tingkat Kabupaten Banyumas Tahun 2015.  Priyo telah mengalahkan rekan-rekan seprofesinya dengan mengangkat Karya Nyata nya yang berjudul "PETRUC METAL" Strategi Belajar Menuju Petani Mandiri.

Selamat kepada Priyo Aji Purwanto, semoga dapat menjadi yang Terbaik pada Tingkat Provinsi dan Nasional.

Berikut adalah ABSTRAK dari karya nyata Petruc Metal.

 

ABSTRAK

 

Priyo Aji Purwanto, 2015 “PETRUC METAL” Strategi Belajar Menuju Petani Mandiri. Karya nyata lomba Apresiasi PTK - PAUDNI Berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Tengah 2015.

 

Kata kunci :  Pendidikan kecakapan hidup, Explicit Intruction, kondisi yang ada, kondisi seharusnya, perbaikan.

 

Pendidikan kecakapan hidup merupakan kecakapan untuk bekerja selain kecakapan yang berorientasi ke jalur akademik. Oleh karena itu Pendidikan Nonformal tidak terbatas pada sebuah tutorial yang bersifat klasikal saja seperti dalam kelas, namun dapat berupa pendidikan langsung terhadap masyarakat yang membutuhkan dalam rangka pemberdayaan diri kearah kemajuan. 

Untuk melaksanakan pendidikan kecakapan hidup dibutuhkan strategi pengelolaan. Strategi yang digunakan adalah “PETRUC METAL” yang memiliki metode Explicit Intruction yang memuat pengertian pembelajaran langsung yang khusus dirancang untuk mengembangkan peserta didik tentang pengetahuan secara prosedural dan deklaratif yang dapat diajarkan dengan pola bertahap.

Hasil dari implementasi “PETRUC METAL” adalah terciptanya eksistensi penyelenggaraan Program Inovatif PAUDNI yang semakin baik dan terukur secara jelas, yang bermanfaat bagi peserta didik dan masyarakat, SKB Ajibarang, Pemerintah Desa Canduk serta mitra kerja.

Kendala yang dihadapi terletak pada faktor alam, yaitu adanya curah hujan yang sangat tinggi dimasa awal budidaya yang mengakibatkan kerusakan tanaman dan pertumbuhan rumput / gulma yang sangat cepat serta tingkat produktifitas pertanian yang cukup lama sehingga harus diantisipasi dengan cara penanaman tumpang sari untuk dijadikan katalisator sampai tanaman yang dibudidayakan membuahkan hasil.

Faktor – faktor pendukung implementasi strategi ini adalah 1) Lembaga SKB Ajibarang beserta jajarannya, 2) Pihak Pemerintah Desa Canduk 3) BAPELUH Kabupaten Banyumas sebagai mitra kerja dalam pendampingan program, 4) LPPM Universitas Jenderal Sudirman Purwokerto sebagai mitra kerja dalam peningkatan dan pengembangan kualitas program, 5) Mitra kerja kelompok tani dan pedagang sebagai penampung hasil produksi pertanian dan kios / toko pertanian sebagai penyalur produksi pupuk organik.

Rekomendasi yang dapat diberikan adalah untuk menciptakan Program Inovatif PAUDNI yang berkualitas, diperlukan langkah kerja yang sistematis dan terstruktur sehingga pelaksanaan program dapat terencana dengan baik hingga tindak lanjut program serta dibutuhkan pendampingan agar tujuan program dapat tercapai sesuai dengan harapan.



0 Komentar :



November, 2017
MSSR KJS
   1234
567891011
12131415161718
1920212223 2425
2627282930  





783362

Pengunjung hari ini : 95
Total pengunjung : 243298

Hits hari ini : 126
Total Hits : 783362

Pengunjung Online: 1