Dikmas (8)
Kesetaraan (6)
PAUD (3)
Umum (6)
Vokasional (7)




Beranda » Umum » SKB KAKAP MAJU TINGKAT NASIONAL

Kamis, 21 Mei 2015 - 09:38:06 WIB
SKB KAKAP MAJU TINGKAT NASIONAL
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Umum - Dibaca: 1446 kali

Setelah maju dan berhasil masuk sebagai Terbaik I tingkat Provinsi Jawa Tengah, Kepala SKB Ajibarang Kab. Banyumas Drs. Wahyudin, M.Si berhak maju ke Tingkat Nasional Lomba Penyusunan Karya Ilmiah dalam rangka Apresiasi PTK PAUDNI Tahun 2015.

Inilah hasil akhir dari tahap persiapan dan perbaikan karya ilmiah yang disusun untuk diajukan ke Tingkat Nasional.

ABSTRAK

Wahyudin, 2015 “SKB KAKAP: Strategi Pemanfaatan Jejaring Kerja dalam Mengoptimalkan Tugas dan Fungsi SKB”. Karya Nyata. Lomba Apresiasi PTK  PAUDNI Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2015.

 

Kata Kunci : Komunikasi, Bekerjasama, Jejaring Kerja, Optimalisasi Program.

 

SKB Ajibarang adalah Unit Pelaksana Teknis Daerah Kabupaten Banyumas di bidang Pendidikan Non Formal. Letak geografis SKB Ajibarang berada di daerah pinggiran dilingkungan pedesaan yang kebanyakan masyarakatnya ekonomi lemah dan berpendidikan rendah. Komponen – komponen SKB Ajibarang juga belum semuanya memenuhi standar minimal dan belum memiliki usaha mandiri. 

Untuk mengoptimalkan Tugas Pokok dan Fungsi lembaga, dibutuhkan strategi pengelolaan. Strategi yang digunakan adalah “SKB KAKAP” yakni strategi dan pemanfaatan jejaring kerja/kemitraan  dalam mengoptimalkan program-program SKB sehingga dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dan merancang program yang inovatif, meningkatkan mutu layanan dan relevansi program dengan kebutuhan pasar.

Hasil dari implementasi “SKB KAKAP” adalah meningkatnya kerjasama, bertambahnya program-program yang dibutuhkan masyarakat, memiliki usaha mandiri dan terbentuknya desa wirausaha di Desa Canduk Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas serta berbagai manfaat yang diperoleh mitra kerja dari SKB Ajibarang.

Faktor-faktor pendukung implementasi strategi ini adalah pemerintah daerah Kabupaten Banyumas sangat mendukung program SKB khususnya dukungan anggaran; Kepala Dinas Pendidikan Kabid PNF beserta jajarannya sangat memperhatikan SKB dan senantiasa melibatkan pada setiap kegiatan PNF, kepedulian Dinas Instansi terkait sangat tinggi; dukungan Perguruan Tinggi, DUDI, dan praktisi pada program – program SKB mulai bangkit; peran serta masyarakat dan organisasi mitra dalam penyelenggaraan program cukup tinggi.

Faktor penghambat  yang dihadapi adalah belum semua pegawai berdedikasi tinggi akan tugas dan tanggung jawabnya; keterbatasan kemampuan diplomasi dan pendekatan personal yang dimiliki pegawai, sarana dan prasarana kurang memadai, dan pemahaman masyarakat pada SKB Ajibarang masih rendah.       

Tindak lanjut dari strategi tersebut adalah memotivasi dan mendorong semua pegawai untuk meningkatkan etos kerja demi mencapai tujuan lembaga, menumbuh kembangkan kemampuan diplomasi dan pendekatan personal yang di miliki pegawai, mempercepat pemenuhan kesenjangan, meningkatkan kwalitas dan mengembangkan program kreatif dan inovatif, mengembangkan dan meningkatkan kerja sama dengan masyarakat lingkungan, dunia usaha dan industri serta organisasi mitra, mengembangkan jaringan layanan nformasi melalui pengelolaan website SKB Ajibarang. Di rekomendasikan bagi para pengelola satuan pendidikan non formal dapat mengadopsi srategi ini untuk optimalisasi program PAUDNI.

 



0 Komentar :



November, 2017
MSSR KJS
   1234
567891011
12131415161718
1920212223 2425
2627282930  





783380

Pengunjung hari ini : 95
Total pengunjung : 243298

Hits hari ini : 144
Total Hits : 783380

Pengunjung Online: 1